Proses Usulan Persetujuan Seminar dan Ujian

Proses usulan ujian PKL, seminar proposal, seminar hasil penelitian, dan ujian skripsi adalah:

  1. Draft laporan PKL/skripsi dan makalah seminar proposal/hasil ditulis mengikuti Panduan Penulisan Ilmiah Fakultas Pertanian Tahun 2013 dan sudah melalui proses bimbingan dengan semua pembimbing.
  2. Draft/Makalah yang sudah sesuai dengan panduan di-acc oleh Pembimbing Utama dengan tanda paraf dan tanggal persetujuan pada halaman muka/sampul. Pada saat ini, tanggal seminar/ujian sebaiknya telah ditentukan/disepakati antara mahasiswa, pembimbing utama dan pembimbing anggota. Sebaiknya waktu yang ditentukan adalah minimal 1 minggu ke depannya karena terkait dengan nomor 5 di bawah ini.
  3. Draft/Makalah yang sudah di-acc oleh pembimibing utama dibawa kepada Ketua Prodi untuk penunjukan Dosen Penguji. Nama Dosen Penguji dituliskan oleh Ketua Prodi pada draft/makalah. Selain kompetensi/kesesuaian bidang ilmu, sebaiknya tanggal seminar/ujian yang sudah disepakati oleh mahasiswa dengan pembimbing juga dijadikan dasar pemilihan dosen penguji. Penguji pada seminar proposal, hasil dan ujian skripsi tidak harus orang yang sama tetapi yang pertama kali dipertimbangkan adalah yang pernah menjadi pengujinya di seminar proposal.
  4. Tanda tangan pada form persetujuan seminar/ujian dilengkapi hingga Wakil Dekan II (tanda tangan Wakil Dekan I akan dibubuhkan saat berkas diserahkan oleh TU Fakultas kepada Wakil Dekan I bersamaan dengan penandatanganan undangan seminar/ujian).
  5. Form persetujuan seminar/ujian dan seluruh berkas persyaratan diserahkan kepada Staf TU Faperta untuk penerbitan undangan dan surat tugas dosen penguji pada H-4 pelaksanaan Seminar/Ujian. Contoh, jika seminar disepakati hari Senin maka berkas harus sudah diberikan ke TU pada hari Rabu (Hari minggu/tangal merah lainnya tidak dihitung).
  6. Undangan, Surat Tugas penguji dan makalah diberikan kepada semua dosen pembimbing dan penguji pada H-3 pelaksanaan seminar/ujian. Untuk contoh di atas, undangan dan makalah harus sudah diserahkan pada hari Kamis. Undangan untuk peserta juga sudah ditempel/disebar saat ini.