Yudo Pamungkas, Mahasiswa Prodi Akuakultur, mengikuti magang dan studi independen MBKM di PT. STP Shrimp Farm Technician

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberi kebebasan kepada mahasiswa sebanyak 3 semester belajar di luar prodi disambut baik dalam proses pembelajaran di Faperta Unihaz. Mahasiswa Prodi Akuakultur Faperta Unihaz mengikuti salah satu program implementasi MBKM yaitu Magang dan Studi Independen di PT. STP Shrimp Farm Technician. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan (1 semester) dengan konversi sebanyak 20 sks.

Dari laporan rutin yang disampaikan oleh Yudo, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Penebaran benur udang vanamei. Benur yang datang langsung dibawa ke petakan tambak dan dilakukan aklimatisasi. Aklimatisasi dilakukan dengan cara membuka stereofom. Plastik benur diapungkan pada bambu kotak dan ditunggu sampai plastik benur berembun. Setelah kantong berembun, plastik diputar agar benur berkumpul ditengah. Kemudian, plastik dibuka dan benur dimasukkan kedalam baskom yang bolong pada bagian bawah agar air pada kolam masuk sedikit demi sedikit kedalam baskom yang telah terdapat aerasi. Air dalam plastik dan kolam dapat bercampur secara perlahan sehingga benur tidak stress. Plastik diisi air kembali supaya benur yang masih tertinggal dapat keluar. Baskom diisi benur sampai penuh dan diberikan artemia, lalu ditunggu 10 menit dan baskom dimiringkan agar benur keluar semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.